Minggu, 25 Oktober 2009
Profesi IT terancam...?

Seperti yang kita tahu ilmu komputer(IT) tidak hanya menjadi ilmu khusus yang bisa di pelajari oleh orang tertentu saja. Sekarang ini semua orang bisa mempelajari tentang ilmu komputer dan semua hal yang berhubungan dengan dunia IT, baik melalui pendidikan secara formal maupun non-formal. Sehingga sekarang ini ilmu komputer(IT) menjadi sebuah basis pengetahuan yang universal dan bisa dipelajari oleh siapa saja dan tidak terbatas oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia komputer(IT).
Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap profesi yang ada dalam dunia IT. Bukan hanya orang-orang yang bersal dari latar belakang IT atau pendidikan di bidang IT saja yang bisa berprofesi di bidang IT. Tetapi, semua orang yang paham dan menguasai ilmu komputer(IT) bisa berprofesi di dalam dunia IT.
Tentunya kita yang mempunyai background di bidang IT harus memikirkan bagaimana caranya untuk menyelamatkan profesi IT tersebut. Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam upaya penyelamatan profesi kita nantinya ini. Contohnya adalah selalu bersikap kreatif dalam menggeluti dunia kita ini. Selalu ciptakan ide-ide baru yang bisa berguna untuk dunia IT dan bermanfaat bagi semua orang. Bersikaplah juga inovatif, artinya ide-ide kreatif yang kita punya dan kita implementasikan tidak monoton sehingga memiliki daya tarik tersendiri dan mencirikan hasil dari orang yang berprofesi di dunia IT. Selain itu kita cipatakan atau lakukan sesuatu hal yang hanya orang-orang IT saja yang bisa melakukannya dan tidak bisa dilakukan oleh orang-orang banyak yang bukan dari bidang IT. SEmua ini kita harus lakukan agar ada perbedaan dari profesi kita, yaitu profesi IT dengan profesi lainnya dan agar tidak sembarang orang yang bisa berprofesi di dunia IT. Dan ini juga harus kita lakukan dalam upaya untuk menyelamatkan profesi IT ke depannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar