Selasa, 12 Januari 2010

Kejahatan dalam Bidang IT

Seorang engineer mampu membuat ‘bom’ server yang dapat menghapus seluruh data perusahaan dengan satu script?

Rajendrasinh Babubhai Makwana (35), pegawai dari Omnitech Systems Inc. untuk Federal National Mortgage Association atau Fannie Mae yang bekerja sebagai engineer Unix, telah dituduh sebagai penanam kode ‘jahat’ dalam jaringan perusahaan tempat ia bekerja, yang telah mengubah dan menghapus semua data di server perusahaan Fannie Mae. Selasa (27/01) lalu, Makwana telah didakwa oleh pengadilan federal atas tuduhan melakukan gangguan atas computer.

Makwana kini telah dipecat dari pekerjaannya sejak 24 Oktober 2008 lalu, setelah ia meletakkan script computer yang mampu mengubah setting server Unix Fannie Mae, tanpa adanya otoritas dari suervisornya. Menurut Agen khusus FBI, Jessica Nye, script diset untuk ditemukan di tanggal 31 Januari, namun salah satu engineer Fannie Mae yang lain telah menemukan script ‘jahat’ tersebut lima hari setelah Makwana dipecat. Makwana menempelkan script ‘jahat’ dalam script yang sah, yang berjalan di jaringan Fannie Mae setiap pagi hari. Makwana mencoba menyembunyikan script ‘jahat’ tersebut dengan memasukkan baris kosong di belakang script yang sah.

Menurut pihak Fannie Mae, perusahaan yang berpusat di Maryland, Amerika tersebut, jika script ‘jahat’ tersebut tidak ditemukan, maka dapat otomatis men-disable monitoring dan semua log, menghapus password root dari 4,000 server Fannie Mae, lalu menghapus semua data dan backup-nya di server tersebut. Akhirnya, script tersebut dapat mematikan semua server, men-disable semua kemampuan me-remote server. Script Makwana tersebut akan mengakibatkan kerugian sebesar jutaan dollar dan sekaligus akan mematikan operasi jaringan Fannie Mae, tambahnya.

Makwana akan menghadapi hukuman penjara 10 tahun, jika benar ia terbukti bersalah. Untuk masalah ini, juru bicara corporate Fannie Mae belum memberikan komentar lebih lanjut.

SUMBER REFERENSI : www.beritanet.com

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar